Rabu, 25 Desember 2013

Rasanyaaa...

Rasanya tahun ini (2013) berlalu cepat sekali. Rasanya baru kemarin, kenalan sama orang-orang hebat di jurusanku. Rasanya baru kemarin berkumpul sama teman-teman baru. Rasanya masih nggak bisa percaya. Gimana bisa percaya, dulu tiap liat 'orang-orang itu' dari kejauhan selalu merasa minder, iri, sekaligus kagum, dan tiba-tiba bisa makan bareng ngobrol sambil ketawa-ketawa. Yaaa, aku nggak mengidolakan mereka. Tapi rasanya kayak ikan dari aquarium nyemplung kelaut. Hahaha.

Kalau catatan ini disebut rekam jejak sih bukan juga ya, cuma aku mau cerita tentang tahun 2013. Banyak hal terjadi padaku di tahun ini. Seperti hal-hal lainnya, selalu ada hal baik dan hal buruk, tergantung bagaimana kita menyikapinya. Tapi ini cukup tentang apa yang aku dapatkan.

Yang pertama, di tahun 2013 ini aku sadar bahwa aku tidak punya tujuan hidup. WOW! Yeah WOW. Aku nggak tau nanti habis kuliah mau gimana dan kemana, aku nggak tau selama kuliah aku mau apa. Yaa, apapun itu, yang penting aku udah sadar. Dan itu, Thanks to EDSA (English Department Student Association) State University of Surabaya.
Hal ini berawal dari kumpul malam tahun baru, kami berenam, siapapun itu, biarlah hanya aku dan Tuhan yang tahu haha, membuat sebuah permainan. "Bagaimana saya dalam pandanganmu?" Itulah pertanyaan yang diajukan. Kami menuliskan jawabannya tanpa nama. Dan kalimat jawaban ajaib, yang baru aku sadari keajaibannya beberapa bulan yang lalu, itu muncul. "Butuh tujuan; just say it." Awalnya, kalimat itu tak berarti apa-apa, tapi setelah aku melalui banyak hal dan pada bulan September aku mengalami kegagalan dalam sebuah acara. Aku sadar arti dari kalimat itu.
Sekarang, aku sedang merancang rencana untuk masa depan. Mau apa, dimana, dan bagaimana. Yaaa, walau aku tahu, sehebat apapun kita punya rencana, Tuhan juga punya rencana.

Yang kedua, di tahun 2013, pertama kalinya aku sadar kekurangan-kekuranganku. Mungkin karena perjalanan kehidupanku sebelumnya penuh dengan rutinitas yang terjadwal, kuliah-pulang-voli-tidur, aku jadi jarang refleksi diri. Aku hanya bertemu orang-orang itu saja dan tak peduli yang lainnya. Setelah melewati banyak kegiatan, berinteraksi dengan banyak orang, berkenalan dengan banyak orang baru, aku sadar banyak hal juga. Mulai dari emosiku, daya pikirku, daya juangku, motivasiku, konsistensi, dan kekurangan-kekuranganku. Semoga kedepannya makin baik.

Yang ketiga, aku sadar, kuliah nggak melulu tentang nilai. Ini entah karena nilai-nilai ku yang anjlok jadi ini kalimat pembelaan, atau karena aku mendapat banyak pengalaman yang tak melulu soal nilai. Hahaha~

Yang ketiga, eh ketiga lagi. Karena aku masuk sistem EDSA, entah kenapa aku jadi sangat peduli. Terlalu peduli mungkin. Dan itu sungguh sangat menyiksaa. Ketika kita peduli terhadap sesuatu, yang pertama kita sangat tersiksa, dan yang kedua kita menikmati siksaan itu. Dan aku juga menyadari betapa apatisnya aku tahun-tahun sebelumnya, heuheu. Dan walaupun aku udah pensiun, aku tetap akan peduli. :)

Yang keempat, ini tentang love life. Aku sadar, tanpanya aku masih bisa hidup, uhuy. :D

Apapun yang sudah terjadi di tahun 2013 semoga tidak menjadi penghalang untuk menjadi lebih baik di tahun berikutnya. Semoga kita bisa menjadikan pelajaran pengalaman tahun 2013 dengan sebaik-baiknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar